Event

Mak Gardam & Virzha Ramaikan Pekan QRIS 2020 di Sibolga

Bank Indonesia akan gelar Pekan QRIS Nasional Tahun 2020 di Kota Sibolga 
Sibolga - Bank Indonesia akan gelar Pekan QRIS Nasional Tahun 2020 di Kota Sibolga pada tanggal 15 Maret 2020 mendatang. Dimana kegiatan ini akan dilaksanakan di Lapangan simare-mare Kota Sibolga. Masyarakat Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah tentu saja kenal dengan sosok Mak Gardam youtubers  akhir akhir ini viral di media sosial yang menghibur masyarakat indonesia lewat akun youtube nya.

Kepala Bank Indonesia Suti Masniari Nasution menjelaskan tentang QRIS dalam sambutannya "Pertama-tama akan saya jelaskan apa itu QRIS itu. QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan standar QR code yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan berlaku secara Nasional.

Dengan berlakunya QR Code ini, tidak ada lagi QR code lain yang boleh digunakan di Indonesia selain QRIS.  Adapun tujuan dari adanya QRIS di Indonesia adalah untuk Memperlancar Sistem Pembayaran Non Tunai di Indonesia yang bisa dilakukan secara aman dan lancar, mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju. Oleh karena itu QRIS ini dinamai Unggul.

Tidak hanya ingin Indonesia Unggul di dalam era Ekonomi Keuangan Digital namun juga juga benar2 unggul yaitu Universal, Gampang, Untung dan Langsung.
  1. Universal artinya Inklusif, dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat kecil untuk memperlancar pembayaran retail. Bisa dikatan QRIS ini ada untuk mendorong ekonomi keuangan digital untuk kalangan kecil seperti pegadagang sayur, bakso, mie dll dimana saja baik di pasar tradisional maupun pasar modern dapat menggunakan QRIS. Selain itu universal artinya transaksi bisa dilakukan secara cross border atau lintas negara di negara ASEAN apabila memiliki standar yang sama yaitu EMVCo. Karena dengan QRIS ini dapat dibedakan berdasarkan codenya mana transaksi domestik mana transaksi cross border
  2. Gampang artinya pembayaran semakin gampang karena bisa dilakukan melalui smartphone kita. Hanya dengan tapping, transaksi langsung terjadi dan diproses pembayarannya, baik melalui uang elektronik, mobile banking (debit) atau dengan kartu kredit dengan syarat saldo cukup. Adapun batas transaksi adalah Rp 2 Juta pertransaksi untuk UE sedangkan untuk transaksi menggunakan debit, batas transaksi sesuai dengan batas transaksi yang ditetapkan oleh bank penerbit kartu.
  3. Untung artinya lebih efisien karena satu QR bisa untuk semua aplikasi. Selain itu, tidak ada biaya yang ditanggung konsumen dalam melakukan pembayaran melalui QRIS. 
  4. Langsung artinya proses transaksi cepat, dana berpindah seketika atau real time . Baik langsung ke rekening UE atraupun langsung masuk ke rekening sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih (UE, debet, kredit) Tentang Pekan QRIS Nasional 2020 
  5. Sebagaimana diketahui, saat ini Bank Indonesia sedang dalam rangkaian kegiatan menuju acara puncak Pekan QRIS Nasional. Kota Sibolga juga sedang dalam proses rangkaian acara yang sudah mulai dilaksanakan sejak 4 Maret 2020."ungkapnya. 
Pekan QRIS Nasional merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia secara serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia di penjuru tanah air. Di Sibolga sendiri, rangkaian kegiatan Pekan QRIS sudah dimulai dengan berbagai kegiatan roadshow, talkshow dan sosialisasi di berbagai tempat dan melibatkan berbagai unsur dan elemen masyarakat. Sebagai informasi, Bank Indonesia akan melaksanakan Puncak Pekan QRIS Nasional pada 15 Maret 2020 mendatang.

"Kegiatan ini kita lakukan dengan mengundang berbagai lapisan masyarakat, pelaku usaha, PJSP, Pengurus Rumah Ibadah, akademisi, FORKOPIMDA dan lembaga/instansi vertikal lainnya. Semua kegiatan hanya dilakukan untuk mendorong sosialisasi QRIS agar lebih dikenal oleh masyarakat sebagai konsumen, pelaku usaha dan seluruh pelaku ekonomi yang membutuhkan pola transaksi yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat." lanjutnya.

Bank Indonesia juga mengundang artis ibu kota dan juga influencer agar dapat menjadi agent communicator bagi masyarakat sekaligus memberikan hiburan bagi masyarkat Kota Sibolga dan sekitarnya yang juga turut meramaikan kegiatan Pekan QRIS Nasional pada 15 Maret mendatang Selain itu, Kepala Bank Indonesia berharap agar QRIS ini nantinya lebih dikenal oleh masyarakat lagi ke depan.

"diacara puncak ini kita juga mengharapkan agar QRIS semakin dikenal oleh masyarakat dan semakin menjadi pilihan alternatif transaksi bagi masyarakat, dan setelah kegiatan ini gaung QRIS sebagai pilihan transaksi terkini bagi masyarakat semakin meluas dan menjadi pola hidup baru yang memberikan kemudahan bagi para pelaku ekonomi" tutupnya. (A.Sikumbang)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.