Kuliner

Katupek Bare Kuliner Sibolga dan Tapanuli tengah


Katupek bare atau ketupat beras merupakan kuliner kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli tengah yang sangat cocok dijadikan menu sarapan pagi, salah satu menu sarapan yang di diminati warga pesisir Sibolga dan Tapanuli tengah. 

Berbeda dengan ketupat yang berbahan dasar pulut ketupat ini berbahan dasar beras, cara pembuatannya tidak beda dengan membuat ketupat hanya bahan dasarnya yang berbeda. Tidak hanya ketupat beras saja, kuliner yang satu ini juga di sajikan dengan kuah gulai sampade dan bumbu sampade serta beberapa ikan potongan kecil yang menjadi ciri khas tanah pesisir Sibolga dan Tapanuli tengah.
Katupek Bare Sibolga dan Tapanuli tengah
Katupek Bare Sibolga dan Tapanuli tengah
Biasanya satu porsi Katupek Bare ada 2 atau 3 ketupat yang disajikan dan beberapa ikan kecil yang menjadi pelengkap dan harga satu porsi berkisar Rp. 4000 sampai dengan Rp. 6000.  Jadi buat kamu yang berkunjung ke kota Sibolga dan Tapanuli tengah belum lengkap rasa nya tanpa mencicipi kuliner yang satu ini disaat pagi hari dan masih banyak lagi kuliner pesisir Sibolga dan Tapanuli tengah yang menggiurkan selera kamu serta tidak bisa lupa dengan kota Sibolga dan Tapanuli tengah.

Nah buat kamu yang tidak sempat berkunjung ke Sibolga dan Tapanuli tengah atau juga warga sibolga dan Tapanuli tengah yang berdomisili di luar kota kangen dengan kuliner yang satu ini mimin juga share resep Katupek Bare dan cara pembuatannya. Berikut ini resep Ketupek bare disertai dengan bahan-bahan dan cara membuatnya untuk 3 porsi :

Bahan:
200 ml air
1 batang serai, memarkan
25 gram kecombrang, iris, tumbuk
2 lembar daun mangkokan, iris
300 g ikan tenggiri segar, potong 3 cm 
1 sdt asam jawa dan 50 ml air
4 batang daun kemangi
4 buah ketupat beras 

Bumbu, haluskan:
5 butir bawang merah
5 buah cabai merah
1 sdt garam
1 sdt gula

Sambal kelapa :
4 buah cabai merah
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt terasi
100 g kelapa 1/2 tua, parut, sangrai kecokelatan, haluskan
garam, gula merah, dan air jeruk nipis secukupnya

Cara membuat:
  • Didihkan air, masukkan bumbu halus, serai, kecombrang, daun mangkokan, dan ikan tenggiri, masak hingga ikan matang.
  • Masukkan air asam dan kemangi, masak hingga matang, angkat, sajikan.
  • Potong-potong ketupat, sajikan dengan ikan dan sambal kelapa.
  • Sambal kelapa : Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, gula, dan air jeruk, campur dengan kelapa, aduk rata.
Sumber Resep : Disini

About Cerita Sibolga

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.