Wisata

Silak-lak, Air Terjun di Tengah Hutan




Keindahan alam Tapanuli Tengah memang tidak akan ada habisnya untuk diulas. Begitu banyak karya Tuhan yang membuat kita tidak akan pernah meninggalkan Negeri Wisata Sejuta Pesona ini, negeri yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bagaimana tidak, Tapanuli Tengah (Tapteng) memiliki pulau-pulau kecil nan eksotis, pantai berpasir putih yang diselimuti air laut, dan air terjun yang tak akan pernah berhenti memberikan keindahannya.

Air terjun Silak-lak adalah salah satu air terjun yang ada di Tapanuli Tengah. Air terjun ini memang tidak terlalu banyak dikenal oleh wisatawan karena letaknya yang berada di tengah hutan. Tepatnya di Jalan Gonting Kecamatan Kolang, Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Berjarak 14 Km dari pusat kota Sibolga dan 26 Km dari Pandan.

Untuk menuju tempat ini jika menggunakan kendaraan roda dua akan menempuh perjalanan selama 1jam. Setelah tiba di Jalan Gonting kita akan menempuh jarak kurang lebih 50 meter untuk sampai ke parkiran kendaraan Air Terjun Silak-lak. Jika sudah sampai di parkiran kendaraan kita tidak langsung menemukan Air Terjun tersebut. Dusanak harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 100 meter dengan jalur trek yang sedikit mendaki dan berjalan menaiki anak tangga. Perjalan seperti ini menambah aroma adventure yang akan terbayar jika sudah tiba di lokasi.

Setelah tiba di lokasi, panorama indah Silak-lak membuat siapa saja tidak akan pernah puas memandanginya. Selain air terjunnya, kita akan disuguhi pemandangan tebing dan bebatuan yang menambah keindahan Silak-lak. Air terjun Silak-lak memiliki beberapa tingkatan dengan ketinggian kurang lebih 100 meter. Dibawah air terjun terdapat lubuk yang terbilang dangkal dengan ukuran 15x20 meter. Para pengunjung yang datang bisa menikmati kesegaran air yang jernih dan udara yang masih begitu asri.





Sumber Foto : Instagram Followers

Untuk dusanak Cerita Sibolga yang ingin menikmati air terjun ini tidak akan dipungut biaya oleh penduduk sekitar, tetapi untuk tempat parkir telah dikelola oleh warga sekitar desa. Kita hanya perlu membayar parkir dengan seikhlasnya.

Dusanak Cerita Sibolga, mari kita sama-sama melestarikan wisata kita dan lebih memperkenalkan kepada penduduk yang berada di luar Tapanuli Tengah bahwa kita punya negeri yang penuh dengan sejuta wisata. (MN)

About Cerita Sibolga

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.