asalusul

Asal Usul Nama Pulau Poncan

Sejarah Pulau Poncan Sibolga
Sejarah Pulau Poncan Sibolga
Dari demikian banyak sejarah yang tercatat mengenai Poncan, tidak ada sebuah pun menjelaskan asal muasal nama pulau ini sehingga bernama Poncan. Penulis yang mencoba mencari tahu sedikit menemukan benang merah asal muasal nama tersebut secara kebetulan. Dari literature sejarah yang ada, semenjak dahulu kawasan Teluk Tapian Nauli berpusat di Poncan Ketek, semua bisnis perdagangan waktu itu diadakan di sana, itulah sebabnya tentara Inggris memerlukan seorang Kepala Pasar (Bandar) untuk ditempatkan di Poncan, dengan mendatangkan Abdul Muthalib yang dikenal dengan nama Datuk Itam atau Datuk Bandar I.

Kembali kepermasalahan semula, karena keterbatasan perbendaharaan kata Inggris mengajak para pedagang sekeliling Poncan yang sudah terbiasa berbarter sesama pedagang dengan pola baru yaitu berbarter barang dengan uang. Kalau sebelumnya kelapa tukar garam, atau beras tukar kain, dan lain-lainnya saling bertukar barang, kini telah berganti kemenyan tukar uang !

Pedagang Inggris selalu menyatakan “found (fond sterling) change” “tukar dengan uang found sterling” ! nama mata uang Inggris. Perkataan foundstaerling asing di telinga pribumi dan selalu salah mengejanya sehingga yang terucap selalu font ceng, fong cang, atau pond can (poncan).
Inilah sebutan yang kemudian menjadi nama pulau ini yang konon tadinya bernama Takalo.

Sumber : Aneka Sorkam

About Cerita Sibolga

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.