sejarah

Puncak GM Panggabean Bonan Dolok Tapanuli tengah

Cerita Sibolga - Puncak GM (Gerhad Mulia) Panggabean  adalah salah satu Monumen Perjuangan yang terdapat di Kabupaten Tapanuli Tengah, yang terletak di Desa Bonan Dolok Kecamatan Sitahuis Kabupaten Tapanuli Tengah monumen yang berdiri tepat di sebelah hotel milik almarhum Dr Gerhad Mulia (GM) Panggabean. Monumen perjuangan ini dibangun atas prakarsa almarhum Jenderal TNI (Purn) Maraden Panggabean kala menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan sekitar tahun 1982 silam, memiliki tujuh patung pejuang yang berdiri kokoh. Di barisan pinggir tampak anak kecil di antara manusia dewasa menyandang perlengkapan perang, dan di atasnya terdapat lambang burung garuda.
Puncak GM Panggabean Bonan Dolok
Puncak GM Panggabean Bonan Dolok

Monumen Perjuangan ini dulu nya terlantar dan tidak terawat, sehingga orang tidak mengetahui letak monumen ini, sejak Bupati baru periode 2011-2016 monumen perjuangan  ini kembali di hidupkan dan di renovasi dengan tujuan untuk memantapkan potensi wisata Tapanuli tengah.

Monumen ini juga memiliki kelebihan, kita bisa melihat Keindahan Daratan Kota Sibolga dan Tapanuli tengah dari ketinggian, karena keberadaan Monumen Perjuangan GM Panggabean terletak di Puncak atau di atas gunung Bukit Barisan.

Untuk kedepan nya seharusnya pemerintah Tapanuli Tengah Maupun kota Sibolga agar memelihara Monumen Perjuangan maupun Peninggalan sejarah, sehingga tidak hilang termakan jaman.

About Cerita Sibolga

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.