Berita

Sibolga Layak Jadi Ibukota

Lingkaran adi pura sibolga
Cerita Sibolga - Di belahan dunia manapun, ibu kota sebuah provinsi selalu berdekatan dengan aktivitas perdagangan. Gagasan pembentukan Provinis Tapanuli juga harus berorientasi pada kondisi itu. Dan, Sibolga perlu menjadi salah satu pertimbangan untuk menjadi Ibukota Provinsi Tapanuli itu.

Beberapa alasan yang mendasar, kota pemerintahan harus dekat dengan aktivitas perdagangan, laut, darat, dan udara. Seperti DKI Jakarta, Medan, Surabaya. Kota-kota besar itu memiliki pelabuhan dan bandara yang cukup dekat dengan pusat kota.

Syarat itu telah dimiliki Sibolga, ada perdagangan bertaraf internasional, ada lapangan udara di Kecamatan Lumut (Piangsori). Kota Sibolga memiliki kota historis zaman penjajahan Belanda yang disebut Karesidenan Tapanuli, belum lagi keindahan Teluk Tapian Nauli Sibolga, Bonandolok (Puncak G.M.

Jika dikatakan wilayah Sibolga terlalu sempit, karena diapit pegunungan, justru pegunungan mulai dari Sibolga Julu hingga ke Puncak G.M. Panggabean, wilayah Pandan hingga ke Pinangsori, Kecamatan Lumut dan Poriahan menuju Sorkam dapat diperluas menjadi pusat pemerintahan daerah Provinsi Tapanuli, mirip seperti kota di Hawaii. Sehingga Ibu Kota Provinsi Tapanuli di Indonesia menjadi salah satu terindah dan tercantik di Indonesia.

Dukung terus agar Kota Sibolga Menjdi Ibukota Provinsi Tapanuli yang sekarang gencar di Utarakan pejabat-pejabat daerah yang tergabung dalam Provinsi baru yaitu Provinsi Tapanuli.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.