Wisata

Pariwisata Sibolga - Pulau Poncan Gadang

Pulau Poncan Gadang
Pulau Poncan Gadang
Pariwisata Sibolga - Pulau Poncan Gadang Kota Sibolga merupakan sebuah kota yang terletak di pesisir Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Meskipun letaknya di pesisir, namun bentang alam yang terdapat di kota ini tidak hanya terdiri dari dataran rendah sebab jejeran perbukitan yang menjulang tinggi pun membentang di sepanjang kota ini.

Ya, Sibolga telah lama dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara sebagai salah satu destinasi pariwisata yang terdapat di Sumatera Utara, khususnya wisata bahari. Bagaimana tidak ? Hampir di setiap bagian kota ini selalu terdapat ragam wisata bahari mulai dari pantai hingga pulau-pulau yang membentang di sekitar perairannya. Bahkan masing-masing pulau yang terdapat di kota ini masing-masing menyimpan berbagai keunikan.

Salah satu pulau yang ada di kota Sibolga ini bernama Pulau Poncan Gadang, Tentunya bagi Anda yang menggemari wisata bahari, pulau ini dapat menjadi salah satu tujuan Anda ketika berkunjung ke kota Sibolga, bahkan pulau ini dapat dimasukkan ke dalam daftar objek wisata yang ‘wajib’ di kunjungi di kota Sibolga. Pulau Poncan Gadang merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat dalam gugusan kepulauan di Kota Sibolga, dan letaknya pun juga tidak terlalu jauh dari pesisir pantai Sibolga. Pulau Poncan Gadang menghadirkan objek wisata yang sangat menarik dan memiliki ciri khas yang unik, oleh sebab itulah pulau ini tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, bahkan wisatawan dari mancanegara pun sudah tidak asing lagi dengan pulau yang satu ini.

Ketika Anda memasuki Pulau ini, panorama alam yang begitu asri berupa perairan yang jernih akan segera memanjakan mata Anda. Selama menelusuri pantai di pulau ini, pasir putihnya yang berkilau bak mutiara pun turut menghiasi eksotika pulau ini. Tak hanya itu ragam pepohonan yang membentang di sekitar pulau, juga menambah kesejukan sehingga suasana yang terasa ketika di pulau ini benar-benar sangat alami.
Tentunya bagi Anda yang berkunjung ke pulau ini, Anda tidak akan melewatkan kesempatan untuk merasakan kesegaran airnya. Sebab siapapun wisatawan yang datang ke pulau ini, kegiatan renang atau sekedar bermain air di sekitar tepi pantainya sudah menjadi agenda wajib yang tidak boleh dilewatkan. Ombaknya pun cukup tenang sehingga Anda tak perlu khawatir untuk melakukan kegiatan renang.

Suasana di pulau ini terlihat begitu tenang, sepanjang menelusuri pantainya hanya terdengar suara burung-burung yang berkicau di sekitar pulau. Sehingga apabila Anda sudah puas melakukan kegiatan renang, Anda dapat berjalan-jalan di sekitar pulau ini sembari menikmati panorama yang terbentang dengan angin sepoi-sepoi yang terasa begitu sejuk. Dan apabila beruntung, Anda dapat melihat ragam jenis satwa-satwa pesisir pantai yang unik ketika sesekali terlihat melintasi pasir putih pantai, seperti bintang laut hingga kepiting yang sembunyi di balik bebatuan dan kayu-kayu. Bahkan sesekali terlihat juga beberapa orang yang melakukan kegiatan memancing di sekitar pantai pulau ini.

Ada yang memancing dengan duduk di bebatuan karang hingga yang memancing dengan menggunakan boat milik. Ya, bagi Anda yang menggemari kegiatan memancing, di pulau ini Anda dapat melakukan hobbi Anda tersebut. Selain itu, di kedalaman perairan pulau ini juga terdapat ragam jenis biota laut yang membentang dengan indahnya, sehingga bagi Anda yang menyukai kegiatan diving dan snorkling, pulau ini sangat potensial sekali untuk melakukan kegiatan tersebut. Biota laut yang terdapat di pulau ini terdiri dari berbagai jenis, seperti ragam jenis ikan hias, hingga terumbu karang.

Menurut informasi di sekitar perairan Sibolga ini juga banyak menyimpan ragam jenis terumbu karang mulai dari yang sangat familiar hingga yang jenisnya sangat langka di dunia. Hal itu disebabkan karena perairan Sibolga ini kualitasnya masih terjaga dengan baik dan terbebas dari pencemaran air.
Selama melakukan kegiatan diving dan snorkling, tentunya panorama-panorama tersebut akan memberikan kesan yang berbeda bagi Anda. Arus bawah laut pantai ini pun cukup tenang, sehingga Anda tak perlu khawatir untuk menelusuri perairan di pulau ini hingga jarak beberapa meter.

Tak hanya itu saja, bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar pulau ini, pihak pengelola juga telah membangun resort yang dikhususkan bagi wisatawan. Resort tersebut merupakan resort berkelas internasional dan tentunya memberikan pelayanan serta fasilitas yang maksimal bagi wisatawan mulai dari bedroom, hingga restaurant yang menyajikan ragam jenis kuliner Indonesia maupun mancanegara. Sehingga, apabila Anda ingin menikmati ragam panorama sembari menghabiskan waktu untuk berlibur di pulau ini, Resort ini dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk mengisi waktu liburan di Pulau Poncan Gadang ini.
Resort ini terletak tepat di pesisir pantai, sehingga panorama pantai yang membentang akan terlihat ketika Anda berada resort ini, Resort ini biasanya tak hanya dipenuhi oleh wisatawan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia saja, bahkan resort ini juga menjadi pilihan bagi wisatawan yang berasal dari mancanegara seperti Singapura, Belanda, Inggris dan negara-negara lainnya juga. Dan biasanya wisatawan dari mancanegara berlibur ke pulau ini pada bulan-bulan tertentu.

Tag :
Pariwisata Sibolga - Pulau Poncan Gadang
Wisata SIbolga

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.